Keripik Jenang Dumbleg, Camilan Baru dari Nganjuk
Diversifikasi Produk dari Jenang Dumbleg Khas Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk

By administrator 11 Agu 2019, 13:26:48 WIB Kuliner
Keripik Jenang Dumbleg, Camilan Baru dari Nganjuk

Keterangan Gambar : Keripik Jenang Dumbleg


Jenang dumbleg merupakan makanan sejenis jenang yang terbuat dari tepung beras, santan kelapa dan gula dengan atau tanpa penambahan bahan lainnya yang diizinkan (SNI, 1992). Jenang dumbleg biasanya dihidangkan dalam berbagai kesempatan seperti pada acara hajatan dan menjamu tamu. 

Umur penyimpanan jenang dumbleg yang singkat tersebut menyebabkan seringkali produsen harus merugi jika produknya tidak laku terjual dengan cepat. Maka perlu adanya pengolahan lanjutan dari produk ini untuk meningkatkan umur simpan dari Jenang dumbleg, makanan tradisional khas Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk. Salah satu pengolahan yang mudah dan banyak disukai konsumen adalah menjadikannya menjadi bentuk keripik.

Keripik merupakan makanan ringan atau camilan berupa irisan tipis yang sangat popular di kalangan masyarakat karena sifatnya yang renyah, gurih, dan tidak terlalu mengenyangkan (Sriyono, 2012). Keripik sangat praktis karena kering sehingga lebih awet dan mudah disajikan kapan pun. Cara pengolahan keripik dumbleg dapat melalui penggorengan manual ataupun vacuum frying. Meskipun sederhana, melalui proses pengolahan yang tepat keripik jenang dumbleg dapat bertahan hingga berbulan-bulan tanpa bahan pengawet.

Pengolahan dumbleg tersebut dilakukan di usaha rumahan milik Ibu Suparmi yang terdapat di Dusun Ngemplak, Desa Gondang, Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk. Usaha tersebut dirintis sejak tahun 1998 diawali dengan membuat sesuai pesanan pelanggan. Namun, mulai tahun 2001, Ibu Suparmi mulai memiliki lapak jualan di Pasar Gondang Kabupaten Nganjuk dan memproduksi ± 10 kg tepung beras setiap harinya. Usaha pembuatan jenang dumbleg ini masih dilakukan dengan tradisional, dengan menggunakan wajan diatas kompor kayu bakar sehingga produk yang dihasilkan terkadang memiliki warna dan kekentalan yang tidak konsisten. Selain itu, jenang dumbleg masih dikemas dengan daun aren yang setengah terbuka, sehingga produk bercita rasa manis tersebut akan basi dalam waktu 1 hari.

Proses pengolahan jenang dumbleg menjadi keripik dilakukan setelah pengirisan dengan alat pengiris khusus agar keripik jenang dumbleg memiliki ketebalan yang sama. Setelah itu, adonan dikeringkan menggunakan oven dan digoreng untuk mendapatkan tingkat kerenyahan yang pas dan disukai. 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Instagram dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Polling

Menurut anda usaha apa yang akan semakin dibutuhkan?
  Ekspedisi (Kurir)
  Market Place
  Telekomunikasi
  Jasa Online

Komentar Terakhir

  • flower delivery Jakarta

    memang membuka usaha toko bunga itu menjanjikan. Selain banyak produk yang bisa dijual misalnya ...

    View Article
  • TAHLILAN, ADALAH TRADISI ISLAM DI NUSANTARA

    bisa kerja sama ...

    View Article
  • Lotte Shopping Avenue

    Selalu setia menanti diskon-diskon di lotte shopping avenue,, hehe... :D Coz ini merupakan mall ...

    View Article

Video Usaha

View All Video